Skip to main content

Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus

Tutorial Belajar elektronika pada dasarnya mempelajari tentang materi elektronika yang tampak dan yang tidak kasat mata. Materi Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus contohnya adalah komponen elektronika, rangkaian elektronika, perangkat elektronika atau peralatan elektronik. Sedangkan materi elektronika yang tidak kasat mata adalah sinyal yang diproses oleh sistem atau modul elektronika dan rangkaian elektronika secara spesifik. Materi Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus tidak kasat mata dalam belajar elektronika ini pada dasarnya dapat diukur dan dirasakan outputnya.

Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus

Cara Belajar Elektronika
Berdaraskan teknik dalam belajar elektronika, maka belajar elektronika dapat dilakukan secara otodidak maupun secara sitematis baik formal maupun informal.

Belajar Elektronika Secara Otodidak
Belajar elektronika otodidak adalah mempelajari tentang sistem atau perangkat elektronika secara individu tanpa bantuan orang lain sebagai pengajar.

Belajar Elektronika Secara Sistematis
Sedangkan Panduan belajar elektronika secara sistematis menggunakan jasa bantuan orang lain sebagai pengajar dalam suatu sekolah maupun pelatihan elektronika. Untuk belajar elektronika secara formal dapat diperoleh melalui sekolah sedangkan belajar elektronika informal dapat kita peroleh melalui kursus elektronika atau pelatihan elektronika.

Berdasarkan sumber pembelajarannya, belajar elektronika dapat dibedakan menjadi beberapa teknik.

Belajar Elektronika Online Bersama Bengkel Pak Agus

Belajar elektronika secara online adalah teknik belajar elektronika yang praktis, karena materi atau sumber dalam mempelajari elektronika kita peroleh secara online. Bahkan dengan belajar elektronika melalui online kita dapat memahami elektronika secara otodidak, karena saat ini banyak sumber pembelajaran elektronika secara online. Salah satu contoh blog yang dapat digunakan untuk belajar elektronika secara online adalah zona elektro.

Belajar Elektronika Offline
Belajar elektronika secara offline untuk kategori sistematis dapat diperoleh dibangku sekolah, kursus elektronika atau pelatihan elektronika. Kemudian untuk belajar elektronika secara otodidak dapat menggunakan buku elektronika yang praktis dan fokus pada materi tertentu sesuai keinginan dalam mempelajari elektronika.

Buku Elektronika
Belajar Elektronika

Berikut adalah buku elektronika yang dapat dipilih dalam belajar elektronika dasardan kita temui di bangku sekolah.

Prinsip-Prinsip Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus

Vademekum Elektronika
Operational Amplifier
Elektronika Dasar
Rangkaian Listrik
Dan masih banyak lagi buku-buku elektronika praktis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dalam mempelajari elektronika. Misalkan ingin membuat rangkaian elektronika dapat meilih buku 301-304 Rangkaian Elektronika, kemudian bia ingin belajar mikrokontroler dapat memilih buku yang khusus mempelajari mikrokontroler atau ingin mempelajari tentang pembuatan robot maka dapat langsung memilih buku praktis tentang cara membuat robot.

Konsentrasi Teknik Elektronika
Kemudian dalam belajar elektronika ada beberapa konsentrasi ilmu elektronika yang kita temui di bangku sekolah sebagai berikut :

Jurusan Elektronika Audio/Video, Jurusan elektronika audio/video ini mempelajari ilmu elektronika tentang elektronika dasar, elektronika analog dan elektronika digital yang bertujuan untuk mendukung pemahamam dalam mempelajari sistem elektronika untuk keperluan pemrosesan sinyal audio dan video.
Jurusan Elektronika Multimedia, Jurusan elektronika multimedia mempelajari tentang ilmu elektronika dasar, elektronika analog, elektronika digital dan ilmu komputer yang bertujuan untuk mendalami tentang teknik penyiaran informasi secara elektronik maupun melalui internet.
Jurusan Listrik, jurusan listrik mempelajari ilmu elektronika tegangan tinggi yang diaplikasikan dalam jaringan listrik rumah tangga dan jaringan listrik distribusi listrik komersial (PLN).
Untuk tingkat kuliah

Konsentrasi Teknik Elektronika Komunikasi, Konsentrasi teknik elektronika komunikasi mempelajari elektronika dalam bidang komunikasi audio, video dan data. Dalam konsentrasi ini kita dapat mempelajari sistem telekomunikasi telephone secara analog maupun digital baik dari sisi teknologi jaringan komunikasi kabel tembaga, kabel optik maupun komunikasi radio secara detail.
Konsentrasi Teknik Elektronika Instrumentasi Kendali, konsentrasi elektronika instrumentas kendali mempelajari teknik kendali pada sistem elektronik baik secara analog maupun digital dalam lingkup individu maupun industri dalam bentuk pengendalian secara elektronik pada mesin industri maupun robot yang digunakan. Konsentrasi Teknik Elektronika Arus Kuat/Ketenagaan, konsentrasi teknik elektronika arus kuat/ketenagaan mempelajri tentang listrik tegangan tinggi baik dalam lingkup rumah tangga mauppun sistem jaringan distribusi listrik komersial. Pada konsentrasi ini kita dapat mengetahui pengendalian distribusi listrik tegangan tinggi. Konsentrasi Teknik Elektronika Robotika, konsenstrasi teknik elektronika robotika mempelajari ilmu pengendalian dan pembuatan robot, baik dari sisi konstruksi, desain dan sistem kendali robot.

Dengan mengetahui konsentrasi ilmu elektronika tersebut diatas maka dapat memberikan gambaran kepada kita untuk memilih konsentrasi yang sesuai dengan keinginan kita dalam belajar elektronika.
sekarang tidak perlu harus ke sekolah dan diajari oleh guru secara langsung. Kenapa? Karena sekarang sudah jamannya belajar mandiri. Kita bisa belajar melalui buku-buku yang telah banyak beredar sekarang ini. Kemudian yang paling mengasyikan ialah mempelajarinya melalui internet. Karena melaui media internet kita tidak hanya bisa mendapatkan materi yang ingin kita pelajari, tapi juga bisa berinteraksi dengan bertanya-tanya lebih lanjut untuk memperdalam ilmu.

Belajar Elektronika Dasar Bersama Bengkel Pak Agus

Sebagaimana sobat ketahui untuk Belajar Elektronika Dasar tidak bisa sekaligus semuanya, lagipula tidak mungkin juga rasanya saya menuliskan semua materinya dalam satu artikel saja. Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus Bisa panjang sekali jadinya nanti kalau semuanya. Oleh sebab itu, didalam blog ini saya membuat materi elektronika dasar ini menjadi beberapa artikel yang sesuai dengan tema ataupun pembahasan tertentu. Dengan demikan tentu yang diperlajari nantinya akan lebih terfokus, bukan! Plus juga akan lebih mudah melakukan pencarian terhadap materi tertentu bila kita lupa sesuatu. Dibanding bila ditulis semua dalam satu artikel, kan harus membaca kembali dari atas sampai bawah lagi hanya untuk mencari satu atau dua kalimat saja. Belum lagi maslah koneksi, ya ngga!

Nah untuk mencari bahasan belajar elektronika yang sesuai keinginan kita, sobat hanya perlu menuliskan kata yang ingin dicari pada kotak search yang ada disamping kanan atas blog ini. Yup, seperti menuliskan kata/kalimat yang ingin dicari pada google atau yahoo. Nanti akan keluar deretan referensi yang mendekati apa yang sobat tulis. Jadi sebaiknya gunakan kata-kata yang penting saja ya. OK.. Coba dah sekarang cari dan mari kita sama-sama Belajar Elektronika Bersama Bengkel Pak Agus

Comments

Popular posts from this blog

How to Build Amplifier Class D

How to Build Amplifier Class D - This guide not tutorial how to build a class d amplifier but we try give you a basic diy class d amplifier schematic for an easy use best diy class d amplifier kit. How to Build Amplifier Class D Many simple class d amplifier schematic diagram image on any web but you need to learn how to build a class d amplifier 250w - 1000w. Here everyhting you need to know about class-D amplifier with bengkel pak agus . Class-D Amplifier A class-D amplifier or switching amplifier is an electronic amplifier in which the amplifying devices (transistors, usually MOSFETs) operate as electronic switches, and not as linear gain devices as in other amplifiers, Class-D speakers work by creating a prepare of square beats of settled plentifulness yet changing width and detachment, or differing number per unit time, speaking to the adequacy varieties of the simple sound info flag. It is additionally conceivable to synchronize the modulator clock with an approaching

Ashley Voice 1 Wireless Microphone

Ashley Voice 1 Wireless Microphone - Ashley mic wireless voice 1 review barang bagus harga terjangkau kualitas bagus dan dapat diandalkan baik dalam ruangan atau luar ruangan. Ashley Voice 1 Wireless Microphone Hasil searches related to ashley voice 1 ada muncul harga mic wireless ashley pro 1 yang lebih mahal dengan 2 buah mik wireless (tanpa kabel) menggunakan battery A2 yang banyak di pasaran. Dapat juga menggunakan battery charger sehingga mengemat biaya. Ashley Wireless Microphone Produk Ashley yang lain ada juga product Ashley pro voice mic yang dilengkapi tas langsung branded bawaan pabrik kalau di unboxing Ashley Wireless Microphone didalamnya terdapat dua buah mic UHF transimtter dengan 1 adaptor dan 1 buah receiver dilengkapi potensio untuk menyesuaikan gain serta kabel audio out yang dapat kita sambungkan ke audio mixer Ashley, Yamaha EMX5014C, Behringer XENYX 1202, Mackie DL1608L, PreSonus StudioLive, Peavey XR 8600D, Soundcraft Si Expression 1, Behringer XR18 X A

Ashley Portable Wireless Meeting Murah 15 inch

Ashley Portable Wireless Meeting Murah 15 inch - Mau portable wireless meeting murah dan berkualitas? Kami mennyediakan Ashley Portable Wireless Meeting Murah 15 inch speaker built-in Power Amplifier atau speaker aktif siap pakai dengan battery/aki dengan mic wireless yang sudah teruji kualitasnya dengan brand Ashley Wireless speaker 15 merk terkenal. Ashley Portable Wireless Meeting Murah 15 inch Bagi pengguna sound system berkualitas merk Ashly tentu sudah tidak asing lagi. Sebagai pengikut produk yang berkulitas Ashley kini menyediakan Portable Wireless Speaker yang sangat berguna untuk meeting, pengajian, hajatan, live studio, karaoke, control speaker, speaker panggung sangat membantu memberikan nuansa branded image pada sound system yang digunakan dengan wireless speaker . Ashley Portable Wireless Meeting Portable speaker Ashley ini sudah kami gunakan pada aneka kegiatan dan acara dan terbukti meghasilkan suara yang berkualitas dengan harga yang tidak menguras kantong ma